Monday, May 04, 2009

Taman Matahari Puncak



Sebenernya kita pergi kesini udah bulan kemaren, cuma kok males banget ya..buat tulisan laporan perjalanannya.
Kita baru tau ada tempat wisata Taman Matahari di Puncak, ini juga gara-gara waktu itu ada yang datang nawarin paket voucher wisata ini, maka jadilah kita berkunjung kesini. Setelah melihat brosur dan mendengar penjelasan dari yang jual vouchernya, tentunya setelah googling juga, maka aku putuskan untuk membeli saja, kalo ternyata memang bagus kan kita punya tempat jalan-jalan baru jadinya (kasian juga ama yang jualnya udah nawarin dengan berbagai cara).

Kita berangkat dari rumah sengaja pagi-pagi bener supaya gak kena macet di puncak, dan alhamdulillah perjalanan kita cukup lancar sampe daerah Cipayung. Mulai dari situ kita udah pasang mata untuk mencari papan petunjuk ke lokasi, karena patokannya katanya gak terlalu jauh dari Mesjid Mega Mendung. Dan benar mulai dari situ ternyata udah banyak papan petunjuk ke lokasi wisata tersebut.

Jalan menuju lokasi ada dua alternatif, kita sengaja memilih yang kedua yaitu dekat restoran Jago Rasa, karena di petanya terlihat lebih dekat aksesnya dari jalan raya puncak. Waktu tiba di belokan dekat restoran Jago Rasa itu kita kaget kok jalan masuknya kecil sekali dan melewati rumah-rumah penduduk gitu, wah..kita udah mulai gak sreg nih...kok gini sih jalannya, mana kalo di daerah puncak kan pasti banyak pak ogah yang nunjuk-nunjukin jalan gitu, alhasil tiap belokan kita musti bayar deh..
Si Papo udah mulai keliatan kesel...aku juga gak bisa nyalahin dia, karena emang bener akses jalan menuju lokasinya sangat tidak mendukung sekali, jalannya kecil dengan belokan yang cukup patah-patah...yaaah sori deh pa..kita kan juga baru taunya....



Tapi setelah memasuki kawasan wisatanya barulah jalannya lumayan lebar tapi masih belum bisa dibilang oke..kalo gak mau dibilang terlalu jelek juga. Sampe di gerbang masuk kita tinggal sodorin voucher yang udah dibeli sebelumnya jadi gak perlu bayar lagi, cuma bayar untuk mobil aja Rp 5.000 per mobil. Iseng-iseng aku tanya berapa sebenarnya tiket masuk per orangnya, ternyata hanya Rp 3.000 saja...haaaaa....aku lumayan kaget soalnya menurut penjual voucher kemaren tiket masuk Rp 10.000 hari biasa dan Rp 15.000 untuk hari libur. Yaahhhh..ketipu deh kita...ternyata cuma tiga ribu doang....

















Karena kita kesana masih pagi, jadinya belum terlalu rame, setelah dapat parkir kita langsung jalan-jalan melihat suasana. Sepertinya sih cukup lumayanlah untuk mengisi liburan kalo gak mau pergi ke tempat yang terlalu jauh dari Jakarta, apalagi dengan harga tiket yang sangat terjangkau sekali itu. Tempatnya lumayan indah terutama taman yang didekat kolam, ada kolam yang banyak sekali ikan koi nya, kita bisa kasi makan ikan juga dengan membelinya seharga Rp 1.000 per bungkus, trus ada taman yang bergaya Jepang, ada rumah joglo, dan gebyok jawa berwarna merah yang cukup bagus. Permainannya juga lumayan lengkap, ada flying fox, arung jeram, becak mini, sepeda air, perahu motor, arena permainan anak-anak, kolam renang dan ada pasar buah-buahan juga. Seluruh permainan disini dapat kita nikmati dengan membeli tiket yang harganya sangat murah berkisar Rp 2.000 sampe Rp 15.000. Untuk berjalan-jalan mengelilingi seluruh kawasan kita bisa naik mobil keliling yang berbentuk aneka binatang dengan tarif Rp 3.000 per orang, katanya kita juga bisa naik mobil tersebut sampe ke Curuk (air terjun), hanya saja waktu kita kesana sedang ditutup karena ada bagian jalan yang longsor.



Memang terlihat beberapa tempat masih dalam tahap penyelesaian dan masih belum tertata rapi, maklumlah karena tempat ini tergolong masih baru, katanya baru beroperasi sekitar setahun. Disana juga tersedia penginapan dengan harga yang cukup terjangkau mulai dari Rp 200.000 per malam (kalo punya voucher diskon 20%).

Sepertinya cukup menyenangkan kalo untuk acara rame-rame bareng keluarga atau teman-teman dan kita membuat acara aneka lomba atau permainan group, disana juga menyediakan lapangan ataupun saung-saung yang bisa disewa. Mereka juga ternyata menyediakan katering yang bisa di pesan, dan disekitar kawasan banyak juga penjual makanan.
Jadi walaupun waktu mau masuk ke sini kita agak kecewa sama akses masuknya, tapi didalam kawasan wisata ini kita cukup terhibur juga dengan menikmati pemandangan dan naik perahu motor dan mobil keliling. Setelah selesai makan siang kita pun pulang menuju Bogor. Ternyata semakin siang pengunjungnya semakin ramai.

Kayaknya kita bakalan balik lagi deh....mudah-mudahan akses masuknya udah lebih baik ya...

No comments:

Post a Comment