Wednesday, December 10, 2008

Episode Cake Coklat

Akhirnya......selesai juga proyekku (halah...istilahnya...) praktek membuat cake yang kemaren diajarkan di kursus membuat dan menghias cakes menggunakan coklat itu.
Hari Sabtu sekitar jam 11 an kemaren sepulang dari pasar untuk belanja keperluan pernak-pernik ketupat untuk Idul Adha, sementara Gifa lagi bobok siang, wah kesempatan nih pikirku.... aku mau nyoba buat cake Chocolate Gummy sesuai resep yang kemaren dipraktekkan di kursus. Kapan lagi aku nekad mau nyoba kalo nggak diniatin, sementara semua bahan kan udah aku beli waktu pulang kursus kemaren.

Eng...ing..eng...Bismillahirrahmanirrohim... aku mulai menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan mulai mengerjakan sesuai step yang dianjurkan. Walah...ternyata cukup ribet juga ya...bikinnya, secara selama ini aku selalu mencoba resep yang simple...atau malah langsung menggunakan bahan siap pakai yang tinggal cemplung, eh sekarang nekad banget nyoba pake resep yang complicated gini....

Hadoh.....bener aja ...sempat terjadi kehebohan karena aku langsung mengocok adonan dan lupa menyiapkan loyang, Azka langsung di suruh bantuin olesin loyang dengan mentega dan Papo (iya si Papo yang baru bangun tidur juga kena getahnya...) disuruh guntingin kertas roti untuk alas loyang, ...mana waktu itu udah waktunya makan siang, dia pikir kok istrinya bukannya nyiapin makan siang malah meja makan berantakan penuh bahan-bahan kue....aduh maaf ya Papo...istrimu lagi punya hobby baru nih...

Kehebohan lainnya terjadi lagi, waktu adonan udah sukses masuk ke dalam oven, awalnya aku liat wah...asik kuenya berhasil nih pikirku karena adonannya naik dan baunya harum sekali. Tapi kok baru 10 menit udah kecium bau agak gosong yah....wah kacau deh...oven aku buka..dan aku lihat bagian atas kue udah mengeras dan agak gosong, waktu aku cek menggunakan tusuk gigi...walah...bagian dalamnya masih basah gini....duh...gimana ini....Tempraturnya aku turunkan sedikit takut tambah gosong bagian atasnya dan sampe timernya berbunyi berarti udah 20 menit, aku cek ternyata bagian dalamnya masih basah juga....

Akhirnya aku set timer 10 menit lagi, tapi belum matang juga....aku pasrah...aku tambahin 10 menit lagi aja, ya udah deh..emang kayaknya kau gak bisa nih bikin cake kayak gini...
Waktu keluar dari oven itu kue bagian atasnya udah gosong banget....aku gak tau salahnya dimana, mungkin karena aku pake oven listrik yang portable itu ya...jadi suhunya cepat sekali panas dan posisi loyang aku taruh persis di tengah jadi bagian atas kue dekat sekali ke api atas. Untuk memanggang sisa adonan yang aku jadikan cupcakes aku taruh di oven bagian bawah, kali ini bagian atasnya yang kelihatan masih agak basah,aarrrgh....
Kayaknya memang aku belum paham nih seluk-beluk pemanggangan...ada yang bisa kasih tips gak ya...gimana seharusnya proses memanggang kue menggunakan oven listrik portable ini?

Tapi ya....udahlah...yang penting cake nya akhirnya jadi juga, dengan meja makan dan perabotan perang yang lumayan banyaknya masih berantakan langsung aku tinggal tidur aja karena kesal. Bangun tidur baru aku lanjutkan lagi perjuangan untuk menghias cake ini, wah...ternyata meja udah rapi dan perabotan udah dibereskan oleh si Teteh asisten di rumah (makasih ya ..Teh) dan siap untuk diberantakin lagi...he..he...sorry Teh..

Aku mulai berkutat lagi dengan coklat untuk membuat ganache dan coklat gummy, dan memulai kehebohan lagi...aku kan selama ini belum pernah seumur-umur menghias kue, jadi sekarang ya...kaku dan ribet banget deh kayaknya waktu oles-oles dan nyiramin coklat ke atas cake itu....pokoknya heiboh banget deh...
Si Papo aja sampe geleng-geleng waktu dia tau aku masih aja sibuk dengan urusan cake ini. Dan inilah hasil siram-siram coklat diatas cakenya :



Cake yang udah disiram coklat ini kemudian aku simpan di kulkas, karena aku masih belum punya ide untuk hiasan diatasnya. Aku kurang suka dengan hiasan yang ada di contohnya, aku pengen coba yang lain. Sampe hari Senin waktu Idul Adha kemaren itu cake masih belum boleh dipotong secara belum ada hiasannya, tadinya aku mau bagi dengan Wak Meta saat Idul Adha tapi berhubung belum sempat di hias, batal deh.....

Baru kemaren saat di kantor aku blogwalking ke Kotak Kue dan menemukan ide hiasan yang yummy yaitu menggunakan kombinasi coklat dan buah kaleng untuk dijadikan topping cake coklat (aku contek idenya ya...mbak Ida). Maka semalam setelah selesai nemenin Azka belajar untuk ulangan semester ganjilnya, saat Papo serta precils udah pada tidur, aku melanjutkan perjuangan menghias kue yang masih tertunda.

Awalnya aku menggunakan wafer stiko untuk pagernya, kemudian sisa gummy aku semprotkan menggunakan spuit kesamping dan ke atas cake (gaya deh aku, aku kan belum pernah belajar menghias menggunakan spuit tapi sok teung, jadinya ya..meleleh gitu..), baru aku beri topping jeruk mandarin, pengennya sih pake strawberry juga tapi lupa belinya, ya sudahlah next time aja baru pake strawberry. Dan taraaaaa.....inilah hasilnya... (jangan bandingin ama yang ada di Kotak Kue ya...jauh banget....)


Tapi udah agak lama aku baru kepikiran kalo wafer pastinya kan melempem ya...(pantes gak pernah ada yang bikin pager pake wafer ya....dodol deh aku...). Tapi mau ganti lagi udah malem, ya udah besok aja deh aku ganti pake coklat. Idenya sih udah ada tapi males ngerjainnya malem-malem.

Bagitu bangun pagi dan selesai sholat subuh, aku langsung berkutat dengan coklat lagi. Azka juga ikutan cetak-cetak coklat pake cookies cutter padahal dia harus siap-siap ke sekolah, dan aku bereksperimen dengan coklat yang di lelehkan di atas plastik mika untuk hiasan diatas cake.

Si Papo komentar lagi " Gak salah nih ma...hari kantor pagi-pagi sibuk ngurusin kue"

Yah..gini deh..kalo aku udah punya keinginan, semua harus terlaksana gak pandang waktu (eh kayaknya istilah yang ada gak pandang bulu deh ya...)...he..he...soalnya kalo gak finish-finish nih cake gak bakalan dipotong-potong deh, trus kapan dimakannya???

Ini hasil yang udah aku ganti pagernya dan ada hiasan coklat putih diatasnya.....








Akhirnya.....cake ini aku potong juga...dan dibawa ke kantor untuk dicobain ama teman-teman. Maka berakhirlah sudah episode panjang membuat cake ini, tapi jangan berakhir deh, aku kayaknya masih pengen buat cake-cake lainnya lagi, mudah-mudahan penyakit malesnya gak kambuh ya....

2 comments:

  1. wah kuenya enak kok mba hehhe jadi sering2lah bawa ke kantor biar sarapan gratis,,,ups jadi bisa pesen buat acara ultah khan??hehheeeh

    ReplyDelete
  2. salam kenal mba, boleh tau gak mba kursus dimana? kl untuk pemula paling gampang buat kue apa siy mba?

    Trims

    ReplyDelete