Thursday, January 08, 2009

Jalur alternatif ke Puncak

Waktu pulang dari Bogor rencananya kita pengen jalan-jalan ke Puncak dulu, mungkin udah gak macet kali ya...gitu deh kita mikirnya.

Kita keluar dari villa jam 10 an pagi tanggal 2 Jan 2009, perjalanan awalnya cukup lancar saat kita melalui jalan raya Sukabumi trus masuk ke jalan tembus melalui Tapos menuju simpang Gadog.
Tapiiiii...... eng..ing..eng...di Simpang Gadog ternyata kok muaaaaccetttt parah banget ya...., wah gak mungkin nih kalo kita terusin ke Puncak lewat jalan ini... bisa-bisa cuman bikin pegel aja ngantri di jalannya.

Eh...tadi kan waktu dari arah Tapos kita kan sempet ngeliat petunjuk arah menuju Puncak melalui jalur alternatif. Karena udah kadung setengah jalan nyampe sini, kita akhirnya sepakat mau nyobain lewat jalur alternatif itu sambil jalan-jalan.
Kita U turn dari perempatan Gadog dan balik lagi menuju arah Tapos kemudian belok kiri ke arah Puncak. Karena belum pernah lewat jalan ini kita jadinya coba ngikutin aja beberapa mobil di depan yang menggunakan jalur ini juga.

Kayaknya oke juga nih jalannya...tapi kok gak banyak mobil yang lewat sini ya..., apa karena banyak yang gak tau jalan ini ato kenapa ya.....aku mulai bertanya-tanya?
Padahal jalanannya kan lumayan mulus dan gak terlalu rame, tapi emang jalannya agak kecil jadi kalo papasan dua mobil kayaknya ngepas banget dan kita beberapa kali ketemu ama pak ogah. Cuma dari awal naik kita kok kayaknya gak pernah ketemu ama mobil yang berlawanan arah ya..., apa ini satu jalur ???

Awalnya kita enjoy banget lewat jalan ini, kayak lagi touring gitu ama beberapa mobil di depan, ngelewatin jalan yang agak berliku-liku naik dan turun. Tapi waktu ketemu persimpangan tiba-tiba mobil yang tepat berada di depan kita belok ke kiri sedang yang lainnya ke kanan. Kita agak bingung juga, tapi di papan penunjuk arah tertulis ke kiri ke arah Gadog dan ke kanan ke Puncak. Ya udah kita ikut ke kanan aja, masak mo balik ke Gadog lagi....

Setelah beberapa kali lewat persimpangan yang membingungkan dan tanya-tanya ama pak ogahnya karena mobil di depan kita udah gak pada keliatan lagi, kita akhirnya melewati Vila Cansebu yang papan penunjuknya udah terbaca sejak tadi. Gak jauh dari Cansebu ini kita tiba di persimpangan kekiri yang membingungkan karena gak ada petunjuknya, beberapa mobil di belakang kita rupanya sama bingungnya mau belok ke kiri ato terus. Waktu ada yang lewat pake motor kita tanya, dia bilang kalo ke Taman Safari terus aja, ya udah kita pilih terus aja deh.

Ternyata kita kemudian dihadapkan ama sebuah tanjakan sekaligus belokan yang curam banget, sampe beberapa mobil di depan harus antri untuk naik di bantu pak ogah anak kecil-kecil gitu. Aku udah bilang ama Papo supaya sabar aja sampe mobil yang didepan bener-bener udah diatas baru kita naik, eh Papo malah tetep ikutan naik barengan ama 2 mobil yang ada di depan kita. Mobil pertama berhasil naik dengan sukses keatas, tapi waktu mobil kita dan mobil yang didepan kita (kayaknya Honda matic deh) sedang berada ditengah tanjakan, tiba-tiba ada mobil yang datang dari arah berlawanan dan mau turun, dia gak mau ngantri dan langsung turun aja....dan....kejadian selanjutnya bener-bener bikin aku jantungan.

Karena selisihan ama mobil yang mau turun tadi, mobil yang didepan kita tiba-tiba aja mogok dan mau meluncur turun gitu....wah...kita kan langsung panik.... kayaknya dia gak bisa 'ngerem dan 'ngegas naik lagi...untung aja langsung dibantuin ama orang-orang di situ, didorong dan bannya di ganjel pake batu.

Dan kita pun gak kalah hebohnya nungguin mobil itu bisa naik, Papo terpaksa menahan mobil supaya gak meluncur turun dengan menginjak setengah kopling cukup lama yang membuat dari kap mobil kita sampe keluar asap dan agak bau kebakar gitu.
Ya....Allah...aku makin panik jadinya, mau keluar dari mobil gak mungkin...tapi bertahan dimobil juga serem gitu...aduuuhhhh...aku bener-bener paniiiiik banget.....

Alhamdulillah..... akhirnya kita selamet juga sampe ke atas dengan susah payah, aku pengennya sih kita berhenti dulu sebentar buat 'ngademin mobil dan nenangin diri, tapi karena jalannya yang kecil itu jadinya gak memungkinkan buat kita untuk berhenti di pinggir jalan, jadinya kita tetap jalan terus deh.
Setelah tanjakan itu kita juga langsung ketemu jalan menurun yang lumayan curam juga dan masih ketemu beberapa jalanan naik dan turun lainnya...pokonya....bener-benar menegangkan deh....

Sekarang aku baru tau kenapa jalan ini gak begitu rame, ternyata jalan berliku-liku dan naik turunnya itu lumayan bikin sport jantung......tapi mungkin untuk mobil dengan cc besar dan yang biasa ikut touring/offroad gak masalah kali ya....

Penderitaan kita ternyata masih belum berakhir...jalan yang ditunjukin menuju Taman Safari itu ternyata harus melewati pasar. Iya.....bener-bener pasar becek yang penuh banget sampe mobil kita aja susah banget lewatnya. Ampuuuunnn deh.......

Akhirnya kita berhasil juga keluar dari kerumunan pasar tadi dengan susah payah, padahal itu udah hampir jam 12 siang deh kayaknya...gimana kalo lewat sininya agak pagian yah....kebayang dong pasar.... gitu loh.....

Tapi selepas dari pasar ini emang langsung jalan raya Puncak yang udah deket banget ke Taman Safari, dan jalanan lumayan lancar. Sepertinya sedang berlaku sistem satu arah dari arah Gadog menuju Puncak.....tapi......ternyata lancarnya cuman sampe belokan yang mau ke Taman Safari doang, kalo mau keatas lagi ampuuuuun deh macetnya....

Akhirnya kita putuskan untuk belok ke Taman Safari aja...gak mungkin lagi kalo mau lanjut terus ke Puncak.

Pfffhhh......akhirnya......

1 comment:

  1. ow ow...seru banget pengalamannya, itu jalanan yang biasa di rekomendasikan oleh pak ogah ya?
    haduh gak mau ah lewat situ,mending muter ke sukabumi aja deh

    www.2mata.net

    ReplyDelete